Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ka-Lam Utus Dua Orang Untuk Mengikuti Kegiatan Pemberdayaan dan Pendampingan Komunitas dan Penggerak Literasi Prov. NTB

Komunitas Literasi Madrasah (Ka-Lam) kembali mengutus dua orang untuk mengikuti kegiatan Pendampingan Komunitas dan Penggerak Literasi Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bertempat di Hotel Jayakarta Senggigi Lombok Barat. Acara yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi NTB ini berlangsung selama tiga hari mulai 25 s.d 27 Januari 2024. Dua orang yang diutus Ka-Lam kali ini yaitu M. Amin Rizki Suryad, dan Abdul Hayyi. 

Ka-lam merupakan salah satu komunitas literasi yang mendapatkan undangan secara langsung dari Kantor Bahasa NTB. Ka-lam memang selalu aktif dan sering mengikuti acara serupa yang diadakan oleh Kantor Bahasa NTB. Pihak Ka-Lam juga sangat merespon kegiatan-kegiatan seperti ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas anggotanya. Ka-Lam berharap kegiatan semacam ini terus diadakan oleh pihak kantor bahasa agar jalinan silaturrahmi antara penggerak literasi di NTB tetap kukuh, serta kapasitas para relawan relasi semakin meningkat. Abdul Hayyi selaku pembina di Ka-Lam juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. "Kantor Bahasa NTB, memang sangat luar biasa. Komitmen mereka dalam meningkatkan literasi di NTB sangat agresif." imbuhnya. "Bahkan kantor bahasa juga rela mengunjungi pegiat-pegiatan literasi ke berbagai penjuru di NTB." Lanjut Hayyi.

Kegiatan kali ini mengundang 80 peserta secara luring yang berasal dari 52 komunitas penggerak literasi. Selain itu, kegiatan ini juga turut mengundang peserta secara daring. Nantinya, para peserta akan mendapatkan berbagai macam materi tentang penulisan kreatif, yaitu penulisan puisi, cerpen, dan esai. Materi penulisan puisi akan disampaikan oleh Lalu Abdul Fatah, materi penulisan cerpen akan disampaikan oleh Wayan Sunarta, dan materi penulisan esai akan disampaikan oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat, Puji Retno Hardiningtyas.

Pada pembukaan kegiatan, Puji Retno berkesempatan menyambut para peserta secara daring. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta yang merupakan pegiat literasi. Para peserta diharapkan dapat mengimbaskan materi-materi yang didapatkan kepada sesama pegiat literasi ataupun anak-anak di daerah asal mereka,” ungkap Puji Retno dalam sambutannya. Beliau juga menuturkan bahwa nantinya para peserta dapat menghasilkan karya yang akan dibukukan bersama.

Post a Comment for "Ka-Lam Utus Dua Orang Untuk Mengikuti Kegiatan Pemberdayaan dan Pendampingan Komunitas dan Penggerak Literasi Prov. NTB"