Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Perbandingan Buku Cetak VS Buku Digital di Masa Kini

buku cetak vs buku digital

Perkembangan teknologi dan informasi telah mengubah banyak hal, termasuk cara kita dalam membaca buku. Kamu bisa memilih buku cetak vs buku digital di masa kini. Tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing karena pemilihan biasanya bergantung pada preferensi setiap individu. 

Jika dulu kamu harus membeli buku di toko buku atau pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan bahan bacaan yang diinginkan, saat ini kamu bisa juga memanfaatkan smartphone, tablet, ataupun laptop untuk mendapatkan buku digital sehingga terasa lebih mudah dan murah. Berikut ini adalah perbandingan buku cetak vs buku digital di masa kini. 

1. Kecepatan dalam Membaca

Menurut sebuah penelitian waktu yang diperlukan oleh anak muda untuk menerima informasi dari sebuah bacaan yang terdapat dalam buku cetak maupun buku digital sama saja. Namun hal itu berbeda dengan orang tua. Orang yang telah lanjut usia ternyata lebih cepat membaca buku digital melalui PC atau media lainnya dibandingkan buku cetak biasa. 

Hal itu disebabkan karena dalam membaca buku digital tidak diperlukan lampu tambahan dan tingkat kecerahan maupun ukuran font bisa disesuaikan dengan kemauan kita. Membolak-balik buku digital tentu saja yang lebih mudah jika dibandingkan dengan membaca buku cetak biasa. 

2. Tingkat Kenyamanan

Buku cetak vs buku digital di masa kini memang selalu menjadi perbincangan hangat karena banyak orang yang beralih ke buku digital namun tidak sedikit juga yang masih nyaman menggunakan buku cetak biasa karena beberapa alasan. Masing-masing orang memiliki perbedaan dalam menilai tingkat kenyamanan apakah lebih memilih buku cetak biasa atau buku digital dalam bentuk ebook. 

Namun perlu kamu tahu bahwa membaca buku cetak akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama sehingga kemampuan berpikir secara kritis menjadi lebih mudah berkembang. Akan tetapi buku cetak biasa juga memiliki kelemahan seperti memiliki bobot yang berat dan susah untuk dibawa kemana-mana. Kamu juga perlu mengunjungi toko buku atau membelinya di toko online dan menunggu beberapa saat jika membutuhkan buku cetak. 

Hal sebaliknya berlaku pada buku digital karena bisa didapatkan dengan mudah dan murah serta mudah dibawa ke mana saja. Namun kelemahan dari buku digital adalah akan membuat kamu merasa cepat lelah ketika sedang membacanya. Orang-orang juga jauh lebih suka membeli buku digital karena harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan buku cetak. 

3. Kemampuan dalam Memahami Bacaan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa keberadaan media digital bisa mengganggu kemampuan kognitif anak. Namun hal tersebut tidak berlaku pada buku digital karena sampai saat ini tidak ditemukan perbedaan pemahaman buku cerita anak yang dibuat versi digital. 

Anak muda yang membaca buku digital juga tidak memiliki perbedaan kecerdasan dengan anak yang membaca buku cetak. Jadi perdebatan buku cetak vs buku digital di masa kini sebenarnya bukan sesuatu yang perlu diperpanjang karena keduanya masih sama-sama memiliki manfaat. Baik buku cetak maupun buku digital tidak berpengaruh terhadap kemampuan dalam memahami bacaan. 

4. Ketersediaan Buku

Buku digital tidak perlu dicetak sehingga tidak akan pernah kehabisan stok. Ketika kamu membeli buku digital maka bisa langsung membacanya karena tidak harus pergi ke toko atau menunggu paket buku datang. Hal ini tentu sangat berbeda dengan buku cetak biasa karena sangat memungkinkan sebuah toko akan kehabisan stok. 

Meskipun demikian sayangnya tidak semua buku-buku yang kita butuhkan sudah tersedia dalam bentuk digital. Masih ada banyak sekali buku penting yang hanya tersedia dalam bentuk cetak fisik saja. Jadi buku cetak vs buku digital di masa kini untuk masalah ketersediaan masih belum ada yang unggul salah satu. 

Post a Comment for " Perbandingan Buku Cetak VS Buku Digital di Masa Kini"