Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Kriteria Buku Bermutu untuk Memilih Bacaan Berkualitas

Buku merupakan salah satu media penting untuk menyampaikan informasi, pengetahuan, dan hiburan kepada pembaca. Namun sayangnya tidak semua buku memiliki kualitas yang bagus. Kriteria buku bermutu adalah buku yang mampu memberi manfaat, mampu memberi pemahaman, dan bisa memberikan pengalaman pada pembacanya. 

Dari banyaknya buku yang beredar, mulai dari buku fiksi sampai buku non fiksi terkadang membuat kamu bingung buku mana saja yang perlu dibaca. Padahal Jika kamu sering membaca buku yang kurang berkualitas, tentu akan sangat disayangkan karena sebenarnya masih banyak buku lain yang wajib dibaca. Berikut ini adalah beberapa kriteria buku berkualitas yang bisa kamu jadikan patokan untuk memilih bahan bacaan. 

1. Isi Konten Berbobot

Kriteria buku bermutu sudah pasti memiliki isi konten yang relevan, akurat dan mendalam. Buku juga disusun secara sistematis, jelas dan terstruktur. Informasi yang disajikan di dalam buku harus benar dan didukung dengan penelitian serta mengandung pemahaman yang mendalam tentang topik yang dibahas. 

Buku yang berkualitas juga mampu menghadirkan gagasan-gagasan baru, sudut pandang yang unik, hingga pemikiran yang kritis terhadap isu tertentu. Jika kamu gemar membaca novel percintaan cobalah sesekali untuk membaca buku dengan tema lain. Karena dalam mengangkat tema berbeda maka kamu bisa mengetahui sesuatu yang baru sehingga wawasan menjadi lebih luas. 

2. Sesuai dengan Standar, Kaidah dan Kode Etik

Buku yang ditulis maupun diterbitkan bisa dikatakan memiliki kriteria buku bermutu jika sesuai dengan standar, kaidah, dan kode etik. Dalam penerbitan buku ada 10 bagian yang terlibat. Antara lain adalah penulis, penyadur, penerjemah, editor, desainer, Illustrator, pencetak, penerbit, toko buku, serta pengembang buku elektronik. 

Standar buku merupakan acuan minimal yang perlu dipenuhi sebagai syarat buku bermutu. Standar perbukuan juga meliputi beberapa hal yaitu standar penulisan, standar penyaduran dan penerjemahan, standar penerbitan, dan standar produksi. Kaidah buku adalah aturan yang harus dipenuhi yang meliputi kaidah penulisan, kaidah penerjemahan dan penyaduran  serta kaidah penerbitan. 

Selain itu kriteria buku bermutu juga memenuhi standar kaidah kode etik perbukuan. Kode etik sendiri merupakan sebuah perilaku positif yang telah disepakati oleh organisasi profesi. Contoh organisasi tersebut antara lain adalah Penpro, APPTI, PPGI, Satupena dan lain sebagainya. 

3. Gaya Penulisan Menarik

Gaya penulisan yang menarik merupakan salah satu kriteria penting dalam buku bermutu. Penulis harus mampu menyajikan informasi dengan cara yang mudah dipahami dan mampu menjelaskan konsep yang kompleks menggunakan bahasa yang lebih sederhana. Buku yang baik juga mampu menghidupkan cerita dan menggugah emosi pembacanya sehingga kamu bisa menyelesaikan bacaan dengan penuh perhatian. 

4. Referensi yang Jelas

Buku bermutu sering menggunakan referensi yang terpercaya dan memiliki akurasi tinggi. Penulis harus mampu memberikan sumber referensi yang jelas ketika mengutip penelitian atau sumber informasi lain serta memberikan catatan kaki dan daftar pustaka yang lengkap. Referensi yang jelas akan sangat membantu pembaca untuk melacak dan memeriksa sumber-sumber informasi yang telah digunakan oleh penulis. 

5. Kredibilitas Penulis

Kriteria yang terakhir yaitu ditulis oleh penulis yang memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik. Pembaca seringkali memilih buku yang ditulis oleh penulis yang telah diakui dalam bidang mereka. Penulis dengan kredibilitas tinggi cenderung telah memiliki pemahaman yang lebih mendalam dan Informasi yang disampaikan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Untuk mendapatkan buku berkualitas pembaca harus mempertimbangkan beberapa kriteria buku bermutu yang telah disebutkan di atas. Selain itu penting juga membaca ulasan atau rekomendasi dari pembaca lain dan sumber terpercaya sebelum memutuskan untuk memilih sebuah buku. 

Post a Comment for "5 Kriteria Buku Bermutu untuk Memilih Bacaan Berkualitas"