Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Bangun di Awal Waktu yang Efektif

Bangun kesiangan adalah kebiasaan buruk yang harus segera ditinggalkan. Sebab, bangun kesiangan merupakan kebiasan pemalas. Dulu saya pun selalu mengeluhkan yang namnya bangun kesiangan. Tapi, sekarang saya sudah bisa mengatakan “Good bye bangun kesiangan,” dan saya juga berhak mengatakan “Welcome bangun subuh,”.

Ilustrasi: fixabay

Ya, itulah yang saya alami beberapa waktu lalu. Bahkan saya begitu benci melihat diri saya yang selalu bangun kesiangan. Karena sampai-sampai saya itu lupa mengerjakan salat subuh. Namun karena  saya bertekad untuk bangun di awal waktu,  maka saya pun berusaha keras untuk bisa bangun lebih cepat. Bahkan di dalam doa, saya juga tidak lupa mencantumkan permohonan agar saya bisa bangun di awal waktu.

Akhirnya saya pun bisa melakukannya. Saya bangun lebih dari yang saya harapkan. Saya sangat bersyukur atas nikmat Allah. Betapa Allah telah memberikan saya sesuatu yang jauh lebih baik. Saya bisa bangun setiap jam 4 pagi, sehingga saya bisa melaksanakan salat sunat.  Saya berharap itu bisa langgeng.

Maka dari beberapa kebiasaan itu, saya bisa menyimpulkan bahwa, tidak sulit sebenarnya untuk bisa bangun di awal waktu. Kuncinya hanya satu, yaitu kemauan. Kita harus berniat bangun pagi. Lalu kita pun tidak lupa berdoa untuk bisa bangun pagi.

Maka ada hal-hal  yang perlu diperhatikan ketika ingin bangun pagi.
  1. Kuatkan hati, siapkan niat untuk bangun pagi (sebelum subuh).
  2. Tentukan pekerjaan apa yang harus dikerjakan ketika bangun di awal waktu, misalkan belajar, baca al-Quran, atau menulis.
  3. Siapkan jam weker, dan tentukan pukul berapa Anda harus bangun di awal waktu.
  4. Jangan tidur dalam keadaan yang terlalu kenyang, usahakan jangan makan sebelum tidur.
  5. Mulai tidur maksimal pukul 22.00, dan kalau bisa tidur pada pukul 21.00. karena kalau sudah tidur pada pukul 00.00, biasanya mata akan sulit untuk dibuka ketika mau bangun.
  6. Berdoalah kepada Allah agar bisa bangun di awal waktu.

Post a Comment for "Cara Bangun di Awal Waktu yang Efektif"