Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Berdamai dengan Keadaan

Oleh: El_Khairull

Ada peribahasa mengatakan "Sebelum berdamai dengan orang lain, berdamailah terlebih dahulu dengan diri sendiri". Sangat mendalam kalimat ini. Namun bagaimanapun juga sebelum berada di posisi ini pada kenyataannya membutuhkan tekad dan keinginan yang kuat dari dalam diri, dan satu-satunya jalan adalah dengan menjalaninya.

Musuh terbesar kita adalah diri sendiri, maafkan dirimu, tak usah terus-menerus menyalahkannya. Apapun yang telah terjadi di masa lalu biarlah tenggelam bersama kenangan. Sudahlah terima saja semua kenyataan yang sedang dihadapi ini.

Sembuhkan luka di dalam benakmu, lepaskan dan lupakan sejenak masa lalu yang membebani pikiranmu. Semakin memikirkan hal-hal yang membuatmu bersedih tak akan mengubah apapun dalam hidupmu.

Segala sesuatu yang telah terjadi pada dirimu sangat patut untuk disyukuri, karena mereka adalah pengalaman dan pembelajaran yang berharga yang telah melatih mentalmu.

Sakitnya batin membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkannya. Pada kenyataannya, justru kita sendirilah yang seringkali menolak untuk melupakannya. "Sesungguhnya kebahagiaan dari hidup anda sangat bergantung pada kualitas pikiran anda". Begitu kalimat Marcus Aurelius salah satu kaisar Romawi sekaligus filsuf favorit saya.

Terkadang menganggap diri terlahir berbeda dengan orang lain bukan berarti kita tak layak hidup di bumi. Menjadi berbeda bukan berarti orang lain berhak menghakimi diri kita. Kita berhak memilih kebahagiaan kita sendiri. Kita adalah penguasa atas diri kita.

Mari memulai dengan tidak menyerap semua perkataan yang melemahkan mental kita. Selalu memaafkan diri sendiri kemudian maafkan perkataan orang lain. 

Percayalah kita adalah warna berbeda yang membuat dunia ini menjadi lebih berwarna. Kita adalah cahaya yang menerangi bumi tuhan, Pelangi terlihat indah karena memiliki warna yang berbeda, begitu juga dengan manusia.

So, ..... Keep calm and be yourself !

---------------------------------------------------------

Penulis: El_Khairull; Ilustrasi : #Coretdigital

Pembaca bisa berkenalan dengan penulis di Instagram @El_Kharull

Post a Comment for "Berdamai dengan Keadaan"