Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kemenag Lombok Timur Gelar Sosialisasi Teknis ANBK Tahun 2021 di KKM MI Wilayah VI Kec. Suralaga

Suralaga Lotim |  Dalam rangka kesiapan infrastruktur dan upaya suksesnya pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021, Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Timur menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada MI se-KKM MI Wilayah VI Suralaga, Selasa (31/08/21) di MI NW No.1 Boro'Tumbuh yang dihadiri oleh Kepala Madrasah dan Proktor masing-masing sekolah se KKM MI Wilayah VI Suralaga.

Ibu Hajah Huduriah, S.Ag, M.Pd (Pengawas Madrasah Kemenag Lotim) menyebutkan  bahwa Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid 

Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Selanjutnya dalam pemaparan pak Mahyudin, M.Pd (Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab, Lombok Timur) menyampaikan pentingnya pelaksanaan sosialisasi ANBK sesuai dengan rencana pemerintah untuk pelaksanaan simulasi ANBK tingkat Madrasah Ibtidaiyah pada bulan September 2021.

“Asesmen Nasional ini salah satu tolak ukur penilaiannya ada pada hasil belajar siswa yang mendasar yakni literasi, numerasi, dan karakter,” ungkap Pak Mahyudin.

Beliau menjelaskan bahwa sasaran Asesmen Nasional ini bagi siswa yaitu AKM (Literasi dan Numerasi) untuk Hasil Belajar Kognitif, Survey Karakter untuk hasil belajar sosial – emosional. Bagi guru dan Kepala Madrasah yaitu Survey lingkungan belajar untuk Karakteristik input dan proses pembelajaran.

Sebelum menutup kegiatan beliau menegaskan, kepala madrasah dan proktor masing-masing sekolah harus bersinergi demi kelancaran pelaksanaan ANBK tahun 2021. (MF)

Post a Comment for "Kemenag Lombok Timur Gelar Sosialisasi Teknis ANBK Tahun 2021 di KKM MI Wilayah VI Kec. Suralaga"