Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

MTs NW Boro’Tumbuh: Mengkader Wirausahawan Lewat Pembelajaran Prakarya


MTs NW Boro’Tumbuh: Mengkader Wirausahawan Lewat Pembelajaran Prakarya

Minimnya sarana dan prasarana tidak menyurutkan kreatifitas para guru di MTs NW Boro’Tumbuh. Sebut saja salah satunya adalah guru pada mata pelajaran prakarya. Dalam hal ini guru pada mata pelajaran tersebut membimbing dan mengarahkan siswa menjadi kreatif dan inovatif.

Maka, tidak jarang para siswa dilatih membuat barang-barang kerajinan, ataupun produk-roduk makanan dan minuman. Misalnya membuat pring dari pelastik bekas, bingkai foto, roti bluder, es buah, kue bolu, dan lain sebagainya.

Hal tersebut dimaksudkan agar para siswa aktif da dan kreatif.  Di samping menaman jiwa wirausaha dari sejak dini. Setidaknya, setamat di MTs NW Boro’Tumbuh para siswa memiliki kemampuan dasar di bidang wirausaha. Jadi bukan hanya sekedar ilmu dalam bentuk softskills saja (dalam bentuk file di kepala), melainkan hardskills (berbentuk praktik kerja nyata)

Jika selama ini di sekolah selalu diajarkan teori-teori yang terkesan kaku, tak bergairah, dan statis, tentu saja akan membuat pendidikan kurang bermutu. Itulah sebabnya para guru di MTs NW Boro’Tumbuh berupaya untuk membuat terobosan-terobosan baru pada masing-masing pelajaran yang diampu.



Guru-guru yang kreatif dan inovatif memang sangat dibutuhkan di era modern sekarang ini. Yaitu guru-guru yang mengaplikasikan langsung teori-terori dalam bentuk praktik. Karena hanya dengan begitu perubahan akan tampak nyata dari bangku sekolah.

Sehingga melalui sekolah para siswa bukan hanya mendapatkan ilmu yang mentah melainkan ilmu yang matang, yakni yang sertai dengan aplikasinya. Kapan pun lulusan mau membuka usaha, mereka siap dengan bekal yang diperolehnya dari sekolahnya.

Sesuai dengan visi dan misi MTs NW Boro’Tumbuh yaitu mencetak kader yang berilmu, cerdas, tangkas, beriman, bertaqwa , dan beprestasi. Yang mana hal tersebut juga tertuang dalam lagu mars MTs NW Boro’Tumbuh. Dalam salah satu baitnya mengatakan:

MTs NW Boro’Tumbuh
Mencetak insan yang berilmu
Cerdas tangkas, beriman-bertaqwa, dan berprestasi.”

Maka untuk mengejawantahkan visi dan misi tersbut, MTs NW Boro’Tumbuh terus berupaya menggembleng para siswa dan siswi dengan berbagai kegiatan. Baik dalam bentuk ektrakurikuler lebih-lebih intrakurikuler. Dalam tanda kutip “meski keadaan sarana dan prasarana sangat minim, bahkan nyaris tidak ada.

Post a Comment for "MTs NW Boro’Tumbuh: Mengkader Wirausahawan Lewat Pembelajaran Prakarya"